Selagi masih ada kesempatan

29pelayanan-anak-di-gpib-jabu

Kadang kita tidak menyadari bahwa kebersamaan antara ibu dan anak adalah hal prinsip yang tidak bisa diabaikan. Ketika bayi, ia akan menangis jika ingin dekat dengan ibunya. Tatkala ibunya sudah mendekat ia akan terdiam. Inilah cara bayi untuk merasa nyaman dekat dengan ibunya. Betapa tangisan adalah obat ampuh untuk mendekatkan hubungan ibu dan anak. Hubungan dekat yang terpelihara ini akan terbawa terus bahkan ketika anak-anak sudah dewasa.

Kedekatan ibu dan anak nampak juga dalam kunjungan Tim Pelayanan Wanita YTWR ke Jabung dalam rangka Training Penginjilan Anak bagi para orangtua (dalam hal ini ibu). Memang, di mana ada ibu di situ juga ada anak-anak. Keadaan ini digunakan sebagai kesempatan juga bagi Tim YTWR, untuk melayani anak-anak, agar ada manfaat ganda dalam satu perjalanan. Para ibu bisa mengikuti training dengan baik dan anak- anak mendapat pelayanan dengan baik pula.

Alhasil, pada 10 Juli 2012, di Jabung, salah satu Pos Pelayanan dan Kesaksian GPIB Getsemani Malang yang jaraknya sekitar 20 km dari Malang, ada 10 anak yang mendapat pelayanan rohani dari Tim YTWR. Anak-anak yang berusia satu tahun sampai delapan tahun ini dikumpulkan untuk memuji Tuhan, mendengar cerita tentang Tuhan Yesus bahkan bermain. Penjelasan tentang Tuhan sebagai Pencipta, Tuhan penuh Kasih, Allah itu Kudus dan IA punya tempat di Surga, adalah materi dasar, yang patut dipahami anak-anak agar mereka benar-benar mengerti siapakah Tuhan Yesus itu.

Pelayanan pada anak memang butuh trik khusus, antara lain melalui lagu dan juga permainan. Lagu-lagu ‘berbicara’ lebih banyak pada anak, karena anak-anak lebih mudah menghafal lagu dan mereka bisa melantunkannya setiap saat. Tanpa disadari, ketika mereka melagukannya, mereka bisa mengingat dan mereka juga berbagi kepada orang lain yang mendengarnya. Tidak ada anak yang tidak suka bermain. Bahkan keaktifan anak-anak di Jabung ini menjadi tanda bahwa anak-anak tidak bisa tenang dalam waktu yang lama. Itu sebabnya akan lebih baik jika keaktifan mereka dimanfaatkan dengan gerakan permainan, karena sambil bermain mereka juga belajar hal-hal rohani. Permainan Aku Mengasihimu, adalah salah satu permainan yang mengajarkan pada anak bagaimana mengenal sesama dan mengasihi sesama.

Hal yang menarik adalah anak-anak tidak menyadari bahwa kehadiran mereka yang sebenarnya hanya diajak oleh ibu mereka ternyata tidak sia-sia, bahkan mereka mendapat pengajaran penting. Keadaan ini menjadi kesempatan baik juga bagi Tim YTWR, sebagaimana nasihat Paulus pada jemaat di Galatia, “Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman,” (Galatia 6 : 10). Tim YTWR juga ingin berbuat baik kepada saudara-saudara seiman termasuk berbagi berkat rohani kepada anak-anak.

Harapan dan doa kami, pelayanan ini bisa menjadi pelayanan rutin kepada anak-anak dan mereka mendapat pengajaran iman sedini mungkin, sehingga dengan keyakinan, didikan di usia muda menurut jalan yang patut baginya, akan mencegah mereka menyimpang dari jalan benar ketika mereka usia tua, sesuai Amsal 22:6.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *