Klub Ceria

Setelah sekian lama didoakan akhirnya pelayanan Klub Ceria dapat dimulai pada bulan Oktober 2012. Tentu saja banyak hal yang harus dipersiapkan menyangkut sarana prasarana dan orang-orang yang terbeban untuk terlibat langsung dalam pelayanan ini.

Puji Tuhan, karena Tuhan menjawab doa dan memberi peluang yang besar ketika pelayanan ini dimulai. Ada beberapa orang yang bersedia bekerjasama dengan YTWR dengan ‘meminjamkan’ tempat tinggalnya untuk digunakan bagi pelayanan ini. Itu yang dilakukan keluarga Johan (Pujon) dan keluarga Ibu Hanik (Junggo). Klub Ceria dilaksanakan tiga kali dalam sebulan untuk tiga lokasi yang berbeda. Ada di Pujon, di Kantor YTWR dan di Junggo.

Pada 5 oktober 2012, menjadi awal kegiatan Klub Ceria. Pak Johan adalah pemilik rumah yang bersedia meminjamkan rumahnya untuk kegiatan ini sekaligus menjadi penghubung untuk mengumpulkan sekitar 15 anak yang mengikuti Klub Ceria di daerah Pujon. Kerja kerasnya berhasil mengumpulkan 10 anak dari 15 anak yang menjadi target pelayanan ini. Sementara pada 10 Oktober 2012, sekitar 23 anak yang bertempat tinggal di sekitar kantor YTWR mendapat kesempatan untuk ikut dalam kegiatan Klub Ceria di kantor YTWR ini. Di Junggo, daerah dataran tinggi yang berjarak sekitar 8 km dari pusat kota Batu, ada sekitar 35 anak yang mengikuti kegiatan Klub Ceria ini.

Kegiatan dimulai dengan membaca buku-buku cerita yang disediakan oleh tim YTWR. Hal ini menarik perhatian anak-anak karena banyak buku yang bisa mereka baca, mulai dari buku pengetahuan sampai buku cerita Alkitab. Sesudah membaca barulah kegiatan Klub Ceria dimulai. Menyanyi dengan gerakan, mendengar cerita Alkitab, aktifitas kelas bahkan permainan adalah rangkaian kegiatan yang cukup menarik bagi anak-anak. Antusias mereka cukup tinggi, karena mereka tidak hanya mendengar tetapi mereka juga bisa berkreasi.

Buku Penciptaan adalah kreasi pertama mereka. Melalui buku aktifitas ini, mereka tahu tentang penciptaan, bagaimana Tuhan menciptakan, apa saja yang diciptakan Tuhan dan pada hari ke berapa Tuhan menciptakannya. Mereka belajar, mereka berkarya sekaligus mereka bersyukur karena Tuhan juga menciptakan anak-anak.

Anak-anak memberi warna tersendiri dalam pelayanan YTWR. Semangat dan antusias mereka dalam kegiatan ini memicu semangat tim YTWR juga untuk terus melayani anak-anak bagi Tuhan. Masih banyak yang harus dikerjakan, melihat banyaknya hal yang tak lepas dari perhatian kami. Keprihatinan kami ketika melihat masih banyak anak usia sekolah dasar yang belum lancar membaca, ada beberapa anak yang beberapa kali tidak naik kelas. Semua itu belum bisa kami jangkau tetapi setidaknya satu langkah kecil telah kami mulai.

Beberapa anak sudah tidak sabar lagi menunggu kegiatan Klub Ceria di bulan berikutnya. Bahkan mereka sempat mengatakan, “Kok hanya satu kali sebulan, kan terlalu lama?”. Ungkapan ini menjadi penyemangat kami untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi untuk pelayanan Klub Ceria di bulan yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *