YTWR Audio Ministry

Di sebuah rumah, berkumpul lah 15 orang yang terdiri dari kaum wanita, pria serta muda-mudi. Sambil membuka Alkitab, mereka duduk melingkar dan menyimak dengan seksama sebuah siaran berjudul ‘Kebenaran Abadi’ yang diperdengarkan dari sebuah alat kecil yaitu Mini Audio Box (MAB). Saat itu, mereka mendengarkan cerita dari kitab Kejadian 12:1-3 yang mengupas mengenai iman Abraham.

Setelah mendengarkan bersama-sama, mereka lalu berdiskusi dan saling membagi pengalaman serta pendapat tentang program yang baru saja mereka dengar. Ada yang menanggapi dan mengamini bahwa kisah Abraham dapat menjadi contoh bagi orang yang percaya kepada Kristus. Dalam kesempatan tersebut setiap orang juga menggunakan waktunya untuk saling menguatkan dan meneguhkan satu sama lain. Begitulah suasana rumah I Nengah Sukarmayasa (Koordinator pendengar YTWR wilayah Bali) saat melaksanakan Pelayanan Audio Kelompok Pendengar (PAKP) atau YTWR Audio Ministry.

PAKP adalah salah satu bagian penting dari pelayanan YTWR untuk menjangkau para pendengar yang mungkin belum bisa mengakses program YTWR melalui radio-radio lokal di sekitar mereka. Dengan memberikan MAB, YTWR dapat memperluas jangkauan siarannya. Mereka yang mendengarkan melalui MAB tidak perlu bergantung pada jadwal siaran radio lokal, melainkan bisa memutar program kapan saja, di mana saja dan bersama siapa saja. Pentingnya MAB ini memang bukan hanya untuk memperluas jangkauan namun juga untuk mengadakan pembinaan bagi pendengar dengan lebih intens.

Selama ini, YTWR melalukan pelayanan MAB melalui kelompok-kelompok pendengar yang dikoordinir oleh koordinator pelayanan di daerah masing-masing. Pada tahun 2018 sudah ada 89 kelompok pendengar yang ada di wilayah Jawa-Bali-NTT. Mereka tersebar di Cianjur, Banjaran, Cilacap, Salatiga, Semarang, Pati, Purwodadi, Malang, Surabaya, Probolinggo, Jember, Banyuwangi, Negara, dan Sumba.

Namun, PAKP tidak terbatas dilakukan hanya untuk kelompok-kelompok pendengar. Secara rutin, YTWR juga memberikan Mini Audio Box (MAB) bagi individu-individu yang membutuhkan. Seperti pada bulan Maret lalu, YTWR memberikan MAB kepada Pdt. Agus asal Yogyakarta yang saat ini sedang membina jemaat kecil di Probolinggo, tepatnya di Bantaran. Pdt Agus bersama jemaatnya melakukan kegiatan ibadah bukan di dalam gedung gereja namun berupa kunjungan dari rumah ke rumah. Karena itu, menurutnya, fasilitas MAB ini sangat menolong dia dalam membina kelompok kecil, terutama dalam mendalami setiap bagian dalam Alkitab.
Melihat manfaat yang telah dialami oleh pendengar, Pelayanan Audio Kelompok Pendengar (PAKP) ini akan terus dilakukan oleh YTWR dengan harapan semakin banyak pendengar yang dapat diberkati dan makin bertumbuh imannya dalam Yesus Kristus. ™

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *