Menjadi Inspirasi Bagi Sesama

Ditulis oleh: Utomo Iman Santosa, Trans World Radio-Direktur Asia Tenggara

Pada tahun 2012, saya berkesempatan mengikuti sebuah lokakarya bersama dengan sekitar 30 orang lain dari TWR.  Bill Thrall, pembicara dalam lokakarya itu, mengajukan sebuah pertanyaan yang sangat menarik, “Siapa orang yang sangat menginspirasi kehidupan anda?”  Para peserta lokakarya, yang berasal dari berbagai negara dan budaya yang berbeda, memberikan jawaban yang berbeda-beda juga.  Ada yang menyebutkan nama tokoh-tokoh Alkitab dan juga tokoh-tokoh hebat yang namanya sangat terkenal.  Tetapi beberapa peserta lokakarya menyebutkan nama-nama orang yang sama sekali tidak terkenal. Bahkan ada seorang peserta yang memberikan jawaban yang sangat menarik; ia ingat ada seseorang yang sangat menginspirasinya untuk melayani Tuhan, tetapi ia sudah tidak ingat lagi siapa nama orang itu.

            Dari jawaban beberapa teman di dalam lokakarya itu, saya melihat kenyataan yang sangat menarik yaitu bahwa menginspirasi selalu berkaitan dengan menyentuh hati.   Etymology dari kata “Inspirasi” sangat menarik (saya kebetulan suka sekali dengan etymology, mencari asal-usul kata).  Kata itu berasal dari gabungan dua kata dalam Bahasa Latin “en” (di dalam) dan “spirare” (nafas, roh).

            Menginspirasi berarti memasukan sesuatu ke dalam hati seseorang.  Saya bisa saja mengajar, menceramahi, dan mendoktrinasi orang lain, tetapi saya tidak sampai kepada tahap menginspirasi kalau saya tidak menyentuh hatinya.  Sebaliknya, Mbah Sadiyo dari Sragen yang sederhana bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang karena apa yang dilakukannya menyentuh hati.  Kenal Mbah Sadiyo?  Dia adalah seorang pemulung sederhana tak berpendidikan dari Sragen yang memakai uangnya sendiri untuk memberbaiki jalan-jalan yang rusak di kampungnya.

            Menjadi inspirasi berkaitan dengan hasil dari karya seseorang.  Orang tidak terinspirasi karena ketampanan atau kecantikan seseorang. Demikian pula orang tidak terinspirasi hanya karena ucapan seseorang yang belum ada buktinya.  Jabatan atau kekayaan juga tidak menjadi inspirasi bagi orang lain. Keteguhan dan kerja keras untuk bisa mencapai jabatan atau kekayaan itu yang mungkin menjadi inspirasi bagi sesamanya.  Nama-nama seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg atau Jack Ma menjadi inspirasi bukan sekedar karena kekayaan mereka, tetapi karena orang melihat hasil karya mereka yang membuat mereka berada dalam posisi seperti sekarang ini.

            Dan tentu saja, seseorang bisa menginspirasi sesamanya karena keteguhan karakter yang dimilikinya.  Orang yang plin-plan tidak akan menginspirasi siapa pun.  Orang yang memiliki cacat karakter juga tidak akan dijadikan inspirasi.  Orang-orang yang mengejar apa yang baik dengan cara yang baik dan setia, itulah yang akan menginspirasi banyak orang.   Pada jamannya, Nero tentu saja dipandang lebih hebat daripada Paulus.  Nero adalah seorang Raja yang berkuasa, sedangkan Paulus hanyalah seorang tahanan rumah di kota Roma.  Tetapi 2000 tahun kemudian, lebih banyak orang yang terinspirasi oleh Paulus dibandingkan oleh Nero.  Seorang pengkhotbah bahkan pernah mengatakan bahwa orang memberi nama Paulus kepada anaknya dan memberi nama Nero kepada anjingnya.

            Selain itu, hubungan pribadi dengan seseorang juga memegang peranan cukup penting dalam hal memberikan inspirasi. Kalau saya mau menginspirasi orang lain, saya perlu membangun hubungan yang baik dengan orang itu. Yesus membangun hubungan yang sangat dekat dengan para murid-Nya.  Kedekatan hubungan itu memungkinkan para murid-Nya melihat dan merasakan langsung kepedulian, ketulusan, iman, dan segala sesuatu tentang diri-Nya. Hubungan yang terganggu bagaikan memutus mata rantai inspirasi.

            Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya. Agar besi bisa menajamkan besi, harus ada gesekan dan sentuhan yang dilakukan dengan tepat. Dan untuk menajamkan sesamanya, orang harus meng “en spirare”–menyentuh ke dalam hati. Dan kemudian dari dalam hati yang sudah disentuh akan muncul rasa, yang selanjutnya akan memunculkan karsa dan karya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *