Sambut Tahun Baru dengan Optimisme

Pendahuluan
Sebagaimana Pengkhotbah berkata: “…ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari”, tahun 2018 yang telah berlalu diwarnai dengan tangis dan tawa. Ada begitu banyak hal yang indah yang dapat dikenang dan dibanggakan, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, pelayanan, dan situasi dunia yang bergejolak. Ada begitu banyak keberhasilan yang membuat kita tertawa, tanda sukacita dan bersyukur kepada Tuhan. Namun terdapat juga banyak tangisan karena kesedihan, penderitaan, kekecewaan, dan keputus asaan. Itulah lika liku hidup manusia, suka dan duka silih berganti.
Tahun 2019 ini tentu juga akan diwarnai dengan suka dan duka dalam kehidupan kita, sebagai orang yang percaya kepada Tuhan. Pertanyaannya adalah bagaimana orang Kristen menyikapi/menyambut tahun baru ini, agar baik suka maupun duka, kita tetap dapat menikmati kehidupan ini dengan penuh kemenangan.

Tetap teguh di dalam Tuhan

Sikap hidup yang “tetap teguh di dalam Tuhan” berarti sikap yang tetap tegak berdiri di pihak Tuhan, sikap yang tidak digoyahkan oleh berbagai macam ajaran yang ada di dunia ini. Itu menunjukkan keyakinan yang penuh kepada Tuhan yang telah menciptakannya, Tuhan yang begitu mengasihinya yang ditunjukkanNya dalam pemeliharaan dalam hidup ini. Tuhan juga yang menjanjikan hidup kekal kepada setiap orang yang percaya kepadaNya. Tuhan menghendaki setiap orang yang percaya kepadaNya untuk hidup teguh dalam iman kepadaNya, sebab hanya orang percaya yang teguh dalam imannya yang akan menikmati berkat-berkat Tuhan di dunia ini atau di dunia yang akan datang.

Hidup yang teguh di dalam Tuhan sangat penting bagi setiap orang yang percaya kepada Tuhan. Sebab Tuhan mau manusia ciptaanNya tetap bersama-sama denganNya, tidak menjauh dariNya. Tujuan Tuhan menciptakan manusia adalah agar manusia bisa bersama-sama denganNya. Orang percaya yang teguh dalam iman adalah orang percaya yang memenuhi tujuan awal Tuhan menciptakannya.

Keteguhan iman di dalam Tuhan juga memampukan manusia menghadapi berbagai macam situasi yang ada, baik suka maupun duka. Seringkali ketika bersuka karena keberhasilan yang dicapai dalam hidup ini membat manusia melupakan Tuhan. Manusia menganggap bahwa keberhasilannya itu semata-mata oleh karena kemampuannya, bukan karena Tuhan. Itu yang dilakukan orang-orang ateis, yang tidak percaya akan eksistensi Tuhan dalam hidup manusia. Sebaliknya, banyak orang yang meninggalkan Tuhan karena dukacita yang sering dialaminya. Banyak orang yang memilih meninggalkan Tuhan karena dunia ini menawarkan dan meberikan apa yang diinginkan dalam hidup ini.

Tantangan kehidupan dan pelayanan di tahun 2019 tidak lebih ringan dari tahun-tahun sebelumnya. Tetapi apapun tantangan itu dapat dihadapi bila setiap orang percaya tetap teguh di dalam iman kepada Tuhan.

Optimisme

Tahun 2019 banyak tantangan dan masalah yang harus dihadapi, baik dalam hidup pribadi, dalam pelayanan, di dalam negeri, dan di dunia secara global. Tantangan dalam kehidupan pribadi dan keluarga tentu aka nada meskipun saat ini belum nampak. Target-target pelayanan yang ingin dicapai tentu tidak mudah untuk meraihnya. Meskipun semua sudah diperhitungkan dengan baik, namun kadang-kadang ada saja hal-hal yang tidak terduga terjadi, yang membuat pelayanan tidak berjalan dengan lancer sebagaimana yang diharapkan.

Tahun 2019 merupakan tahun yang sangat penting bagi bangsa dan negara Indoensia, sebab tahun ini merupakan tahun politik karena akan diadakan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Pemilu kali ini merupakan pemilihan umum yang pertama kalinya menggabungkan pemilihan legislative dengan pemilihan presiden. Potensi akan terjadinya kekacauan dalam hal itu sangat besar karena melibatkan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Demikian juga ditingkat global, ancaman masalah tetap terbuka. Perang dagang AS – Tiongkok masih tetap berlanjut, yang memberi dampak bagi perekonomian Negara-negara di dunia ini. Selain itu, ancaman senjata nuklir yang tetap saja menjadi ancaman yang serius karena Negara-negara yang memiliki senjata nuklir lebih banyak lagi.

Keadaan tersebut membuat masalah senjata nuklir di tingkat global semakin serius.
Semua masalah diatas merupakan realitas yang harus dihadapi. Sebab itu, setiap orang percaya harus mempunyai sikap optimis, mempunyai keyakinan bahwa kita bisa melewati semua tantangan tersebut dengan baik, Sikap optimis merupakan sikap yang penuh dengan pengharapan, bahwa apapun dan keadaan yang ada pertolongan Tuhan selalu ada dan nyata. Tuhan tidak membiarkan setiap anak-anakNya yang berharap dan bersandar kepadaNya. Tuhan juga yang memberi keberhasilan dan kemenangan dalam hidup dan pelayanan kita.

Kerja Keras

Keyakinan iman kepada Tuhan dan sikap optimism merupakan sikap yang ada dalam diri kita, yang sifatnya spiritual. Hal-hal tersebut tidak berarti apa-apa jika tidak diwujudkan dalam tindakan nyata. Oleh sebab itu, hal itu perlu diwujudkan dalam kerja keras untuk mencapai keberhasilan dalam hidup ini.

Kerja keras harus menjadi ciri khas hidup orang percaya, sebab Tuhan sendiri mengajarkan untuk bekerja dalam hidup ini. Tidak ada keberhasilan yang dapat dicapai tanpa kerja keras. Tantangan hidup atau masalah yang ada dalam hidup ini bisa diatasi dan diselesaikan jika ada semangat untuk kerja keras. Sikap yang ingin mendapat berkat Tuhan tanpa bekerja keras harus ditinggalkan sebab itu tidak menjadikan orang-orang percaya menjadi pribadi-pribadi yang tangguh, yang dapat menjadi saksi bagi dunia ini.

Penutup
Tuhan sudah menyediakan berkat besar bagi kita sebagai anak-anakNya di tahun 2019 ini, asalakan anak-anakNya mempunyai keyakinan yang teguh kepada Allah, mempunyai semangat dalam hidup ini dengan selalu bersikap optimis, dan bekerja keras untuk mencapai target-target yang kita tetapkan. Dengan sikap-sikap tersebut maka setiap orang percaya dapat melewati tahun 2019 dengan penuh kemenangan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya karena Allah yang membuat berhasil.

Ditulis oleh: Dr. Enggar Objantoro, S.Th, M.Th

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *