Beritakan Kebenaran, Ubah Hidup Manusia

Memasuki tahun 2018, YTWR yang pada tahun ini menginjak usia ke-18 terus mengembangkan pelayanannya. Kali ini, Ketua YTWR, Pdt Yohanes M Madhu STh mengajak kita untuk melihat seperti apa perjalanan YTWR ke depannya di tahun 2018.

“Kita harus memulai dari bertanya mengapa kita ada? Kita harus menyadari bahwa kita dijadikan alat oleh Tuhan untuk perubahan hidup manusia. Lalu, perubahan dimulai dari mana? Dari Firman Tuhan yang diberitakan,” ungkap Pdt. Yohanes (sapaan akrabnya). Maka dari itu, lanjutnya, fokus YTWR di tahun 2018 adalah pada pemberita dan berita itu sendiri.

Yang disebut pemberita dalam hal ini adalah produser, presenter, dan narasumber yang bertanggung jawab memproduksi sebuah siaran radio di YTWR. Menurut Pdt. Yohanes, merekalah yang menjadi pusat pelayanan di YTWR.  “Mereka orang terdepan yang dipakai oleh Tuhan untuk melayani di YTWR. Mulai dari suara, ide dan kata-kata mereka dipakai untuk mengubahkan orang,” lanjutnya.

Oleh karena itu, seorang pemberita harus menyerahkan dirinya sungguh-sungguh kepada Tuhan, bukan hanya sebatas tugas dan pekerjaan. Seperti yang tertulis pada Efesus  4 : 11-12, “Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,”

Lalu, mengenai isi berita yang disampaikan, meski produk utama dari YTWR adalah siaran radio namun intisari dari program bisa digunakan di media lainnya. “Terutama kalau sekarang ya melalui media sosial, kemudian lewat video dan lain sebagainya,” ujar Pdt. Yohanes. Ia mengatakan, untuk menyesuaikan dengan era digital saat ini memang kita harus meningkatkan keahlian. Tidak hanya memberitakan melalu media radio tapi juga media lainnya.

Di sisi lain, pada akhir tahun 2017 YTWR telah mencapai hal baru yang sudah lama dirindukan yaitu radio streaming. “Puji Tuhan sejak Oktober 2017 kita sudah mengaktifkan streaming. Dari dulu kita ingin punya dan sekarang sudah ada. Pastinya di tahun ini kita akan benahi pelan-pelan,” ungkapnya. Seperti diketahui, saat ini radio streaming YTWR sudah bisa dinikmati melalui Google App yang tersedia di Google Play Store dengan nama ‘YTWR Radio Streaming’. Selain itu, siapapun juga bisa mendengarkan siaran streaming di situs resmi YTWR (ytwr.org). Semoga Tuhan selalu menyertai pelayanan YTWR di tahun 2018! (tm)